Minggu, 13 Mei 2012

Menyulap Barang Bekas Menjadi Kerajinan Yang Bermanfaat? Siapa Takut.


13266106701577631968

BERKREASI? Jangan takut, tidak selalu harus mahal kok. Buktinya dengan memanfaatkan barang-barang bekas di dalam rumah yang sudah tidak terpakai kita dapat mengembangkan kreatifitas sekaligus menyelamatkan bumi ini dari kerusakan lingkungan.
Semua berawal dari diri kita masing-masing, keluarga, teman, tetangga, satu kota, dan akhirnya menyeluruh. Kalian tahu kertas terbuat dari apa? Yah benar terbuat dari serbuk-serbuk kayu, senadainya kertas yang tidak dipakai lalu dibuang? Apa tidak sayangg, Em, banyak yang bilang buat apa? Kertas memang dapat di buang dan cepat terurai daripada plastic. But, untuk saya kertas bekas dapat di sulap menjadi kerajinan tangan yang lebih bermanfaat lagi. Untuk mengisi waktu luang di akhir pekan, daripada dihabiskan untuk nonton tv, main games, atau yang lebih parah tidur-tiduran. Lebih baik asah otak, tangan dan imajinasi.
Di akhir pekan saya akan membagikan beberapa cara untuk mengolah barang bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat.
Saya akan membagikan cara membuat tok dari kardus bekas.
1326611042623546787
Bahan yang digunakan
Bahan-bahannya  cukup mudah (1) Kardus bekas yang sudah tidak dipakai lagi, (2) gunting, lem, tali rapia, pensil, penggaris, kertas kado atau kertas yang sudah tidak dipakai lagi dan jarum besar (jarum kasur).
Cara membuatnya :
(1) Gunting kertas sesuai selera, tergantung kita mau buat apa dulu. Saya kali ini akan membuat tok untuk tempat alat-alat make up.
(2) Setelah digunting sesuai ukuran yang kita inginkan, lapisi kardus itu dengan kertas kado atau kertas warna yang lain, seadanya dirumah.
(3) Siapkan jarum besar (jarum kasur) dan rapia. Nah yang ini perlu keahlian wanita. Mulai jahit bagian tepian kertas dengan menggunakan tali rapia (maaf saya tidak bisa mendeskripsikan gambar sulaman menggunakan tali rapia tapi kurang lebih yang tahu seperti pada gambar.
13266115971131320686
Gambar sulamannya
(4) Begitu terus sampai habis bagian tepian, lalu gabungkan kerangkanya dengan menggunakan tali rapia.
(5)Setelah usai tok itu dapat di gunakan sesuai kebutuhan kita
1326611126572266116
yang sudah jadi
Selamat mencoba.
Selain itu juga dapat untuk bingkai foto. Dan lain-lain. Selamat berkreasi.
Manfaatkan barang yang tidak berguna di rumah menjadi sesuatu yang bernilai lebih. Barang bekas juga bisa kok jadikal hal yang lebih bermanfaat lagi.
Dengan mendaur ulang barang bekas. Semoga kita juga turut serta menyelamatkan bumi kita dari sesuatu yang merugikan.

1 komentar: