Selasa, 01 Mei 2012

NEGARA PALING MISTERIUS DI DUNIA


waktu mata kuliah Kewarganegaraan si dosen ngasih liat kita sebuah film dokumenter tentang kehidupan di korea utara. kalo engga salah judulnya 'inside north korea' gitu..lupa saya juga..hheu.
 
film itu ngeliatin gimana kehidupan masyarakat korea utara, korea utara merupakan negara paling terisolir di dunia. tepatnya mereka mengisolasi diri dari dunia luar. inilah yang membuat korea utara sebagai negara paling misterius di dunia. film ini diambil seluruhnya menggunakan kamera tersembunyi.

di ibu kota korea utara, tepatnya pyong yang aja yang boleh dengan bebas berjalan2 diluar rumah cuma pejabat, aparat negara, dan lain sebagainya. penduduk biasa harus dapet izin dulu dari petugas yang bersangkutan kalo mau keluar rumah. jangan tertipu dengan sebutan ibu kota, karena pyong yang bukan apa2 selain kota mati. jalan2 sepi, gedung2 banyak yang kosong, rumah sakit engga berfungsi, mall? sepenglihatan saya sih di film kemaren engga ada satu pertokoan pun yang buka.

menurut film nya semua pelayanan masyarakat di sana gratis, termasuk kesehatan. tapi ketika diliatin kondisi rumah sakit di sana...hmm. sabun aja gak ada, botol infus pake botol bekas bir, meja operasi udah mah dari kayu udah keropok pula, penerangan minim. padahal itu rumah sakit kelas satu di pyong yang.

jangan harap, mau posting MP, buka you tube, ato mu sms temen, ato mu YM-an. soalnya internet sama hape tidak diizinkan di sana. imagine that! film2 hollywood engga akan pernah ada sampe kapanpun. malahan sebagian besar warga korut ga tahu kalo pernah ada manusia yang pernah menginjakan kaki di bulan! pokonya mereka bener2 terisolir.

lalu siapa presiden dari negara misterius ini. Kim Jong il. seorang diktator murni. di korut sana dia bukan dinaggap sebagai pemimpin, tetapi sebagai Tuhan. di setiap sudut kota yang sepi tadi yang ada cuma gambar Kim Jong il. ukurannya juga gak maen2, ada yang sampe segede gedung bertingkat 10. dan setiap orang yang ngelewatin gambar itu diwajibkan tunduk sambil melakukan hormat.

ketika narasumber berkunjung ke rumah salah satu warga, yang ada hanya gambar dari Kim Jong il dan suaminya yang sudah meninggal. pas ditanya foto mana yang paling dia sukai. jawabannya 'Foto Jenderal Agung...'. yap sebutan dari Kim Jong il. wanita tua itu bercerita panjang tentang jenderal agung-nya, semua aksi heroik dan jasa2nya kepada bangsa korut. tiba tiba narasumber bertanya: 'apakah mungkin seorang jenderal agung melakukan kesalahan?'. reaksi para warga yang berkumpul dirumah itu seperti orang kebingungan. mereka tidak mengerti maksud dari pertanyaan tersebut. mereka seperti mendengar bahasa lain yang baru pertama kali mereka dengar. seolah-olah tidak ada kosa kata dalam bahasa korea utara yang menunjukan keraguan atas sang jenderal agung.

ternyata di satu daerah di korea utara ada yang namanya kamp konsentrasi. sebuah wilayah seluas sebuah kota. yang terdiri dari: tempat pencucian otak, pelatihan tentara, penanaman ideologi (indoktrinasi), penjara sekaligus tempat penyiksaan. penanaman doktrin sudah dilakukan sejak masih usia balita, buku buku yang terdapat di setiap perpustakaan sekolah dikarang oleh satu orang penulis yang sama. sehingga doktrin tertancap tajam di setiap hati warga korut.

di dekat perbatasan nya dengan korea selatan, banyak di bangun gedung2 bertingkat nan mewah. tetapi jangan salah, itu semua hanya bangunan kosong tanpa isi. gedung2 itu dibangun untuk menarik warga2 korea selatan agar mau masuk ke korea utara.

tetapi ternyata hal yang sangat ironis muncul dari diri Kim Jong il sendiri. dia memiliki ratusan ribu koleksi film2 luar negeri, memiliki koleksi seratus limosin mewah eropa, dan termasuk salah satu pelanggan cognac (semacem wine gitu dah) terbesar di dunia.

jangan harap bisa kabur dengan mudah, di setiap perbatasan dijaga ketat oleh penjaga2 terbaik di negeri. sekali kaki menginjak tanah korea selatan, mongol, china, siapapun dia tanpa tanya langsung di tembak mati di tempat (kecuali Kim Jong il tentunya...)

bayangkan jika kita hidup di negara macem itu...

1 komentar:

  1. sangat ketat ya gan... orang biasa aja mau keluar gk boleh

    http://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/news-promo/news/kesamaan-dan-perbedaan-toyota-innova-2016-dengan-generasi-sebelumnya/#news

    BalasHapus