Sabtu, 17 Maret 2012

Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog


Apapun tujuan kita membuat blog, tentunya trafik adalah salah satu yang sangat diidam-idamkan. Ada banyak manfaat blog yang memiliki trafik tinggi. Beberapa diantaranya adalah banyak yang tertarik untuk memasang iklan dan tentunya blog kita menjadi terkenal karena lebih banyak orang yang membacanya, betul tidak?
Untuk cara meningkatkan trafik sebenarnya susah-susah gampang. Susah kalau kita tahu caranya, gampang kalau kita sudah tahu cara meningkatkan trafik blog. Berikut ini adalah beberapa trik dan cara meningkatkan trafik blog:
  1. Blog Walking dan Blog Comment
    Dengan sering berkunjung ke blog lain dan kita memberikan komentar disetiap artikel diblog yang kita kunjungi, tentunya si pemilik blog ataupun pengunjung blog tersebut jadi tertarik untuk mengunjungi blog kita.
  2. Membuat Blog dengan isi konten yang sedang populer saat ini
    Buatlah artikel tentang apa saja yang saat ini sedang menjadi topik hangat dimasyarakat. Anda bisa menggunakan referensi media seperti televisi, koran dan radi untuk update blog. Topik tentang gosip, berita dan olah raga bisa Anda coba.
  3. Buat artikel tentang tutorial dan download gratis
    Banyak pengguna internet yang mencari informasi ataupun tutorial gratis diinternet. Apa lagi tahu sendirikan, orang lebih banyak yang tertarik dengan sesuatu yang berbau gratis.
  4. Tulis artikel yang original, bukan sekedar copy-paste
    Tidak masalah membuat artikel dari hasil copy-paste, asal saat Anda menerbitkannya di blog sudah didaur ulang sehingga tidak terlihat murni copy-paste. CObalah untuk memodifikasinya terlebih dahulu sebelum di terbitkan. Bukan hanya blogger yang tidak suka jika artikelnya di copy-paste, pengunjung blog juga akan bosa jika melihat semua artikel di blog kita hanya sekedar copy-paste, apalagi isinya hanya itu-itu saja, tidak ada bedanya dengan blog yang sudah pernah ia baca.
  5. Ikuti forum-forum komunitas yang ramai pengunjungnya
    Bergabung ke forum juga bisa jadi pilihan. Gunakan selalu signature yang berisi alamat blog Anda. Jadilah orang nomor satu yang berkomentar disetiap thread forum, ini akan menjadikan kemungkinan signature Anda dilihat orang lebih besar. Jangan lupa, gunakan kata-kata yang membuat orang penasaran sehingga orang akan meng-klik signature milik Anda.
  6. Fasilitas langganan artikel
    Berikan fasilitas berlangganan artikel kepada pengunjung blog Anda. Setelah pengunjung mendaftar untuk berlangganan maka dia akan selalau mendapatkan email konfirmasi saat blog kita update atau ada artikel baru. Anda bisa coba untuk menggunakan feedburner miliknya google atau lainnya untuk membuat fasilitas ini.
  7. Kuasai ilmu SEO (search engine optimization)
    Untuk menjadi nomor 1 di mesin pencari, Anda harus tahu teknik-tekniknya. Penggunaan keyword yang benar disetiap artikel adalah salah satu cara optimasi blog agar menjadi nomor satu di mesin pencari.
  8. Pasang iklan
    Cara paling mudah adalah dengan pasang iklan, baik di blog lain atau di situs jejaring sosial seperti facebook. Namun perlu diingat, cara ini akan banyak mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Jadi gunakan cara ini sebagai cara terakhir jika Anda sudah benar-benar buntu dengan cara menaikkan trafik pengunjung.
Semoga beberap tips dan cara menaikkan pengunjung blog diatas bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar